Activity of Daily Living ( ADL )

0 komentar

di kota cimahi utara , seorang terapis berbagi kepada para orang tua
Cibabat (SC). Activity of Daily Living  (ADL) adalah kegiatan aktivitas sehari-hari atau aktivitas bantu diri /bina diri bagi anak dengan disabilitas.itulah salah satu pembahasan di pertemuan Pembukaan Pelatihan Penanganan Anak dengan Disabilitas di Aula Kec Cimahi Utara lantai 3 (28/06/2013) dengan  narasumber Rini Hartini Rinda.

Pelatihan Penanganan Anak dengan Disabilitas ini adalah merupakan program Pemerintah Kota Cimahi di bawah naungan Dinsos bersama relawan dan LSM, yaitu RBM ( Rehabilitasi Berbasis Masyarakat )dan safety Children.
 
Beliau mengatakan bahwa “ Anak dengan disabilitas memiliki hak untuk mendapatkan perawatan khusus termasuk dalam aktivitas kehidupan sehari-hari mereka sesuai dengan jenis disabilitas anak. 

Merawat anak adalah salah satu bagian penting dari pengasuhan ADD, Merawat disini cakupannya adalah 4M yaitu : Mengurus,Mengajarkan,Mendidik dan Membimbing.

Setiap orang tua harus mempunyai cara pandang yang modern dalam artian orangtua atau keluarga jangan mempunyai pandangan  karena kasihan terhadap anak, sehingga anak dimanjakan, selalu dilayani dan diperlakukan seperti anak kecil. Akibatnya anak dengan disabilitas menjadi sangat tergantung pada orang lain dan tidak mampu melakukan aktivitas sehari-hari.

Kegiatan merawat diantaranya adalah memberikan makanan, obat-obatan, membimbing anak buang air besar dan air kecil (toilet trainning), memandikan, berpakaian, menyediakan alat tidur yang bersih, menjemur badannya bila diperlukan, menggerakkan badan dan memberikan stimulasi pada anak. 

Beliau menuturkan juga Tujuan dari pelatihan ini adalah 
  1. Anak dapat mandiri tidak selalu tergantung kepada orang lain  
  2. Anak dapat melakukan aktivitas merawat dirinya   
  3. Anak mendaptkan stimulasi bagi tumbuh kembang
    

Orangtua dan anggota keluarga lainnya memiliki peran penting dalam mendukung dan membimbing aktivitas sehari-hari ADD ( Anak Dengan Disabilitas ) sehingga tumbuh kembang anak dapat optimal dan anak memiliki kemandirian dalam merawat dirinya.

Peran orang Tua dalam Activity of daily living (ADL) adalah:

Pembimbing / pendidik yaitu membimbing anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan tingkat kemampuan anak.

Motivator yaitu mendorong anak untuk dapat meningkatkan kemampuannya dalam merawat diri.

Pelindung anak terhadap bahaya, kekerasan dan eksploitasi.

Fasilitasi memberikan pelayanan untuk memenuhi hak dan keperluan ADD baik secara fisik, emosional dan sosial. 
     
Besar harapan dengan adanya acara seperti ini di harapkan Kota Cimahi terlaksana menjadi Kota sehat yang Mandiri.
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved