Curug Cimahi

0 komentar


wisata alam, curug cimahi,air terjun
Curug Cimahi
SeputarCimahi(SC).Ada Sebuah obyek wisata di seputar cimahi yang menyuguhkan keindahan dan sebuah penciptaan sang pencipta yang maha sempurna yaitu obyek wisata Curug Cimahi Orang-orang sekitar menyebutkan Curug Cimahi. Curug adalah bahasa Sunda yang berarti Air Terjun. Dan Curug Cimahi adalah air terjun yang bersumber dari Sungai Cimahi
Jika anda sedang jalan-jalan ke Bandung dan cimahi, cobalah mampir ke Curug Cimahi dan rasakan segarnya berwisata ke sana.

Kalau berbicara tentang Cimahi, memang pusat kotanya panas tetapi ada banyak daerah di bagian dataran tinggi dan menawarkan tempat wisata menarik, salah satunya adalah Curug Cimahi. Jika sebelumnya anda hanya tahu Tangkuban Perahu sebagai tempat wisata favorit di Bandung, air terjun Curug Cimahi sangat pantas untuk dipertimbangkan menjadi tempat wisata mengusir penat rutinitas kerja.

Lokasi CurugCimahi berada di jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug Cimahi meluncur dari ketinggian 85 meter dan merupakan curug tertinggi di Bandung dibanding Curug Maribaya dan Curug Panganten. Objek wisata alam ini menempati area seluas 2 hektar. Rasakan sensasi percikan air terjun dari jarak belasan meter. Saat-saat tertentu jika beruntung, anda dapat melihat pelangi yang tampak indah di sini.

Selanjutnya sesampai di depan pintu gerbang wana wisata ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak berundak yang menurun dan berkelok-kelok.  Jalan setapak berundak ini (berjumlah sekitar 506 buah anak tangga) terbuat dari batu dan semen dengan kemiringan sekitar 45 derajad, sehingga cukup menguras tenaga dan membuat nafas terengah-engah.  Waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke curug ini dari pintu gerbang sekitar 30 menit.  Sepanjang perjalanan ini akan ditemui beberapa ekor monyet ekor panjang yang bergelantungan di atas pohon.

satwa curug cimahi
Dengan kondisi air yang jernih, serta alam yang sangat indah banyak hal yang dapat anda dilakukan saat berkunjung ke Curug Cimahi. Menikmati kesejukan dan keindahan alam sambil mandi, berendam, atau bermain-main air dapat menyegarkan kembali tubuh yang sudah lelah karena kegiatan sehari-hari.

Lokasi

Terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan oordinat GPS: 6° 47' 56.58" S  107° 34' 39.34" E 


Akses ke Curug Cimahi
Ada beberapa alternatif jalan yang bisa dipilih untuk mencapai curug ini. Kebanyakan yang digunakan ialah jalur Cimahi melalui Cihanjuang dan Parongpong, dan jalur Lembang.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau travel dari pusat Kota Bandung, cukup menyusuri jalur Ciheudeung menuju Cisarua.  

Dan bila dari pusat kota Cimahi dapat melalui Sersan Bajuri ke arah Universitas Advent Indonesia menuju ke Terminal Parongpong. 

Lokasi Curug ini sendiri cukup mudah untuk dijangkau baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan kondisi jalan umumnya baik (beraspal). 

Pintu masuk Curug Cimahi terletak tepat di sebelah terminal angkot Cisarua, di pinggir jalan Kolonel Masturi sehingga tidaklah sulit untuk mencarinya. 

Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan jasa angkutan umum dengan jurusan Ledeng-Sukasari dari terminal Ledeng.  

Setelah sampai di Terminal Sukasari (di depan Vila Istana Bunga), dapat diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit  atau dapat memanfaatkan jasa angkutan umum Cisarua-Lembang dengan ongkos yang relatif murah. 

Jika  dari kota Cimahi jalan termudah adalah dari Terminal Pasar Atas Cimahi jurusan Cimahi-Cisarua dengan tarif berkisar Rp 5000.
 
Sementara jika dari Kota Bandung, bisa menggunakan angkutan jurusan St.Hall-Lembang dari Stasiun Kota, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Lembang-Cisarua, dan turun persis di depan pintu gerbang Wana Wisata Curug Cimahi.

Atau juga dperjalanan dapat ditempuh menuju terminal Ledeng, dilanjutkan dengan angkutan Ledeng-Parongpong. Dari terminal dilanjutkan memakai angkutan jurusan Parongpong-Padalarang. Ongkos yang dikeluarkan berkisar Rp 10 000,-

Harga Tiket Curug Cimahi

Untuk bisa melihat pesona indahnya Curug Cimahi, anda harus berjuang dulu memang. Menuruni anak tangga sejumlah 687 buah dari pintu gerbang. Adapun tiket masuknya seharga Rp 10.000,-.

air terjun, curug cimahi,wisata alam
Ajaklah sanak famili atau teman-teman dan rasakan segarnya udara pegunungan dan indahnya air terjun  di seputar cimahi.
Setelah mebeli tiket dari pintu gerbang wana wisata ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak berundak yang menurun dan berkelok-kelok.  

Jalan setapak berundak ini (berjumlah sekitar 506 buah anak tangga) terbuat dari batu dan semen dengan kemiringan sekitar 45 derajat, sehingga cukup menguras tenaga dan membuat nafas terengah-engah.  Waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke curug ini dari pintu gerbang sekitar 30 menit.  Sepanjang perjalanan ini akan ditemui beberapa ekor monyet ekor panjang yang bergelantungan di atas pohon

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola di antaranya shelter yang terdapat di pinggir jalur dari gerbang menuju air terjun, tempat parkir, pintu gerbang, pagar pengaman, peta lokasi, jalan setapak, piknik site, bangku, tempat sampah, pusat informasi dan pos jaga, serta mushola dan kamar kecil.
 
Selain itu terdapat beberapa warung milik warga yang menjual makanan dan minuman yang biasanya buka pada hari-hari ramai seperti akhir pekan dan liburan Saat ini, Curug Cimahi berada dibawah pengelolaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat. Dan berikut adalah alamat dinas tersebut.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Provinsi Jawa Barat
Jln. RE Martadinata 209, Bandung
Telepon  : (022) 7271385, 7273209, dan 7234654
Website  : http//www.westjava-indonesia.com
Email      : disbudpar@wetjava-indonesia.com

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved