Kenaikan BBM

0 komentar


dijakarta
Cimahi, Harga bahan bakar minyak (BBM) belum resmi dinaikkan oleh pemerintah, namun dampak negatif sudah dirasakan kaum buruh. Saat ini, tercatat sudah ada 75 buruh yang diberhentikan.

"Yang di-PHK itu dari satu perusahaan tekstil di daerah Cibaligo, Kota Cimahi. Kejadiannya tiga minggu lalu," kata Ketua SBSI 1992 Jawa Barat, Ajat Sudrajat, di sela aksi tolak kenaikan harga BBM di depan Kantor Pertamina Unit 3 Cabang Bandung, Jalan Wirayuda, Rabu (12/6/2013).

Saat ini, SBSI 1992 sedang mengadvokasi kasus itu. Diduga latar belakang pemberhentian sepihak itu karena harga BBM akan naik, sehingga perusahaan berdalih kondisinya sedang sulit dan terpaksa memberhentikan karyawan.

Disinggung perusahaan mana yang melakukan PHK, Ajat ogah menyebut nama. "Kita ingin pastikan dulu latar belakangnya, tapi kemungkinan karena didasari rencana kenaikan BBM," ujarnya.

Dia mengaku khawatir PHK akan dialami buruh di Jabar dalam jumlah banyak jika harga BBM benar-benar naik. "Ini yang kami khawatirkan, terjadi PHK besar-besaran oleh perusahaan. Ini jadi momok menakutkan bagi kami," jelasnya.

Jika harga BBM naik, sambung Ajat, perusahaan akan memakai berbagai dalih untuk memberhentikan karyawannya. "Itu kenapa kami menyatakan menolak kenaikan harga BBM," ucapnya.

Selain menyuarakan aksinya di depan kantor Pertamina, massa SBSI 1992 rencananya akan berdemo ke Jakarta pada 14 Juni. "Dari Jabar kita akan berangkat dengan 60 bus, 25 di antaranya merupakan buruh dari Bandung Raya," ungkapnya.

Mereka pun mengancam jika BBM jadi naik. "Kami akan tutup pom bensin milik asing di kawasan Bandung Raya, sekaligus boikot Depot Pertamina di Padalarang (Kabupaten Bandung Barat)," tegas Ajat.

Aksi sempat diwarnai saling dorong antara massa dan polisi tepat di depan gerbang Kantor Pertamina. Tapi insiden hanya berlangsung sesaat dan suasana kembali tenang. Perwakilan massa kembali bergiliran berorasi.
sumber : http://bandung.okezone.com
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved