Manfaat Tumbuhan Lidah Buaya

2komentar


Cipageran ( SC ). Suatu keberuntungan minggu 9 juni kemarin team redaksi bisa bertemu dengan Kang Deddi pemilik kebun lidah buaya yang berlokasi di Kp. Pakuhaji- Cipageran - Kota Cimahi.
Disela-sela kesibukannya kang Deddi pemilik situs Gerentes Qalbu itu, panjang lebar mengenai kegunaan dan manpaat Tumbuhan lidah buaya itu. 
 
Selain itu beliau berbagi tips cara menanam tumbuhan lidah buaya." Selain peluang bisnis yang cukup menggiurkan lidah buaya bisa di jadikan obat herbal yang sangat manjur" Ujar Kang Deddi." Saya mencoba untuk menanamnya di poliybag dan alhamdulillah pertumbuhannya cukup baik, meskipun kita tidak punya cukup lahan  lidah buaya bisa di tanam di polybag.

Tumbuhan yang satu ini memang terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan. lidah buaya sering sekali di manfaatkan oleh kita sebagai obat herbal alami, selain itu lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pada jerawat, kulit, menyembuhkan luka dan melebatkan rambut.





Sedikit refrensi mengenai lidah buaya, tumbuhan yang satu ini terkenal memiliki nama latin aloe barbadensis milleer atau aloe vera. Lidah buaya sangat mudah sekali ditemukan di daerah/kawasan afrika, walaupun  sekarang ini di Indonesia juga sudah mudah ditemukan seperti di kebun Kang Deddi  .



Berdasarkan penelitian yang di lakukan oleh pakar dan pengamat, Tumbuhan lidah buaya kaya akan zat yang terkandung di dalamnya seperti mineral, Polisakarida, enzim, Asam amino, serta banyak lagi kandungan-kandungan lainnya yang bermanpaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

Setelah sedikit mengetahui aneka kandungan dan pengetahuan mengenai aloe vera/ lidah buaya walaupun tidak sedetail mungkin, sekarang ini saya akan memberikan ulasan mengenai manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh kita.
Kandungan berbagai zat biologis aktif pada Lidah Buaya seperti ; Mannans Asetat, Polymannans, Antrakuinon dan berbagai Lektinmembuat. Sehingga tanaman ini banyak di budidayakan sebagai tamanam obat baik untuk kecantikan dan pengobatan.
Bukan hanya itu Lidah Buaya juga mengandung 72 jenis zat bermanfaat dan ada pula kandungan lebih dari 200 senyawa lainnya. Di antara zat-zat tersebut termasuk:
  • Enzim yang membantu pencernaan serta mencegah peradangan.
  • Semua jenis vitamin terkecuali vitamin D.
  • Mengandung mineral yang diperlukan enzim
  • Mengandung 20 dari 22 jenis Asam Amino
  • Kandungan Saponin, sebagai anti microba
Berikut ini manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan dan obat:

Manfaat Lidah Buaya diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengatasi Ketombe.
Ternyata tumbuhan yang satu ini sangat cocok untuk anda yang memiliki masalah ketombe, dan gatal diarea kulit kepala, sehingga ketombe dapat terkurangi bahkan terangkat hilang. Adapun caranya sangat mudah: siapkan lidah buaya, ambil bagian lendir yang terdapat pada dagingnya, lalu usapkan kebagian rambut  sebelum anda melakukan kramas.

Lidah buaya berguna untuk Detoksifikasi
Selain sebagai tumbuhan yang dapat mengatasi ketombe, lidah buaya bermanfaat juga sebagai tanaman penawar racun alami. Selain itu lidah buaya juga bisa membantu anda yang sedang mengalami stress berat. Adapun cara pemanfaatan lidah buaya sebagai detoksifikasi dan stress adalah dengan memblender lidah buaya untuk dijadikan jus. Serta minumlah jus tersebut.

Lidah buaya mempermudah kerja usus.
Kandungan Aloe lateks yang terdapat pada lidah buaya dangat baik untuk mempermudah kinerja usus kita, adaoun kandungan aloe lateks tersebut adalah sbb: antrakuinon glycosidesaloin A serta antrakuinon glycosidesaloin B.

Sebagai tumbuhan Perawatan kulit.
Di sub manfaat ini, manfaat lidah buaya untuk kulit sangatlah banyak dan diantaranya adalah: sebagai tumbuhan etoksifikasi kulit, membantu peremajaan kulit, menghilangkan komedo, jerawat, mempercepat proses penyembuahan luka, penghilang bekas luka dan masih banyak yang lainnya lagi.

Sebagai tumbuhan obat Diabetes.
Adapun cara pembuatan obatnya adalah sebagai berikut. Siapkan sekitar 2 buah lidah buaya, kemudian cuci bersih, lalu buanglah duri-duri yang terdapat disamping lidah buaya, dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Langkah selanjutnya rebus potongan lidah buaya dengan air  3 gelas, minum rebusan air itu 3 kali sehari setelah anda makan. Lakukan cara ini sampai gula darah anda turun.

Lidah buaya bermanfaat untuk Kekebalan tubuh.
Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan alami yang baik untuk menjauhkan tubuh dari radikal bebas sehingga imun tubuh akan tetap terjaga.

Share this article :
Comments
2 Comments

+ komentar + 2 komentar

Anonim
27 Juni 2014 17.45

gan itu kang dedi masih pnya kebunnya sekarang?

19 Juli 2014 06.03

Masih ada tapi sayang sekarang sudah terawat karena pabrik yang menampung produksi kami tutup

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved