Stop Iklan Rokok

0 komentar

pengaruh rokok terhadap tubuh
Beberapa barisan mahasiswa yang menamai kelompok mereka ‘Indonesia Bebas Rokok’ membuat suatu petisi melalui Internet untuk menarik perhatian  masyarakat Indonesia dan terutama Menteri Komunikasi & Informatika RI Tiffatul Sembiring untuk menghentikan iklan produk rokok.

Yosef Rabindanata, Project Leader Indonesia Bebas Rokok, mengungkapkan mereka cukup prihatin dengan tingginya jumlah perokok di Indonesia.

“Mereka seperti tidak perduli dengan kesehatan. Akan tetapi, keadaan ini tidak lepas akibat iklan rokok yang saat ini begitu massif bebas leluasa,” katanya, Sabtu (9/6).

Industri rokok dianggap menggunakan semua jenis iklan untuk mempromosikan produknya di berbagai media, baik media cetak, elektronik, online, sampai media luar ruang.

Kelemahan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2003 Tentang Pengamanan Rokok Bagi Kesehatan nyatanya masih memperbolehkan industri rokok beriklan di seluruh media (pasal 16 ayat 1).
Batasan yang ada hanyalah pada jam tayang iklan di televisi, yakni dari 21.30 – 05.00 (pasal 16 ayat 3), serta larangan menampilkan bentuk rokok dan orang yang sedang merokok (pasal 17).
Namun, batasan ini dinilai tidak efektif dalam membatasi periklanan rokok di Indonesia, justru hanya membuat iklan rokok semakin kreatif untuk mencari cara lain.

Berdasarkan data dari Komnas Anak dan Fakultas Kesehatan Uhamka, rata-rata remaja mulai merokok pada usia 14 tahun. Sekitar 31,5 % remaja mulai merokok pada usia 15 tahun dan 1,9 % pada usia 4 tahun.

Selain itu, 46,3 persen remaja berpendapat iklan rokok memiliki pengaruh yang besar untuk mulai merokok, dan 29 persen remaja perokok menyalakan rokoknya ketika melihat iklan rokok pada saat tidak merokok.

Menurutnya, Indonesia tidak boleh lagi tertinggal dari negara-negara tetangga yang sudah lebih maju dalam memberikan perlindungan kesehatan kepada rakyatnya, antara lain seperti  Singapura, Thailand, Vietnam, yang sudah menerapkan pelarangan iklan rokok di negara.
sumber :www.bisnis-jabar.com
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved