Perjalanan Wisata Ke Awit Sinar Alam Darajat ( Garut )

2komentar

Suatu keberuntungan Team redaksi Seputar Cimahi (SC) bisa ikut rombongan yang akan berwisata Ke Garut tepatnya Objek Wisata Air Panas Awit Sinar Alam,Hari minggu, 30 Juji 2013.Wisata rutin tahunan keluarga dari Perumahan Griya Asri Khususnya RT. 05 RW. 10 Kel Cipageran.

Pagi – pagi buta kami sudah siap – siap berangkat sekitar jam 5:30 pagi sambil menunggu anggota rombongan yang lain datang , cuaca cerah mendukung keberangkatan kami, Bis kami berangkat dari tempat parkir lapangan sepak bola Cipageran masih di lingkungan Perumahan.terlihat banyak yang sedang berolahraga, anak- anak kecil berlarian saling kejar dengan teman- temannya.

Suasana keakraban sangat kental sekali meskipun belum saling mengenal dengan team redaksi.Suatu kebetulan pula kami bertemu dengan seorang pelukis terkenal Mas Alfi Adiyanto , beliau ada di bandung karena ada Pameran di Balai Kota.

Sebelum keberangkatan kami ke tempat wisata, Panitia memulainya dengan mengecek anggota rombongan di lanjutkan dengan memberikan sambutan,dan diawali dengan berdo’a yang di pimpin oleh Bapak Suprayogi.

Jam 6:00 pagi kami berangkat, seiring Bis keluar dari gerbang Perum Griya Asri panitia rombongan membagikan makanan kecil untuk sarapan.

Udara yang sejuk dan desiran angin pagi tak menyurutkan bis untuk tetap melaju kencang di jalan tol Cimahi- Cileunyi yang aksesnya keluar dari gerbang TOL Baros Cimahi.

Perjalanan kami tak sesuai yang di harapkan di KM 23 Jalan Rancaekek kami terjebak macet hingga 1 jam , Kemacetan terjadi karena adanya pelebaran jalan dan adanya Pasar tumpah yang hampir menghabiskan bahu jalan. Kemacetanpun terlalui dan akhirnya kami pun sampai di kota garut.

Jalanan berliku dan menanjak kian terasa saat mendekati puncak Darajat ke Kawasan Puncak Darajat dengan pemandangan hijau memanjakan mata. Pesawahan dan tanaman sayuran membuat mata tak berkedip.

Hal yang membedakan kawasan ini dengan kebanyakan di pegunungan Garut, Jawa Barat adalah uap putih yang membubung ke langit. Uap dari perut bumi. Itulah kawasan wisata Gunung Darajat, Garut. Kawasan yang dikenal dengan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Gunung Darajat, Garut yang ditangani PT Chevron Geothermal Indonesia.

Di Kawasan Gunung Darajat garut banyak tempat rekreasi, ada yang sdang di bangun dan ada juga yang sedang di bangun seperti Wisata Alam Darajat 1, BRI ( Bukit Rejeng Indah ) dan banyak lagi tempat wisata lainnya.

Setelah melewati tempat - tempat wisata dan setelah melewati Darajat Pass kami mengambil jalur kanan dan beberapa meter dari sana sampailah kita ke Sinar Alam Darajat..

tempat tujuan kami berwisata

Wisatawan dari berbagai daerah dalam maupun luar berdatangan mamadati air panas objek wisata Darajat,yang berada di Puncak Gunung Darajat, Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, salah satunya obyek wisata yang dipadati pengunjung adalah Taman air terapi dan kolam renang air panas alami Awit Sinar Alam Darajat yang beralamat di Jalan Darajat Km 24 Pasirwangi Kabupaten Garut.
Untuk dapat masuk ke Awit Sinar Alam  ini kami hanya merogoh kocek Rp 20 000 untuk dewasa dan Rp 15000 untuk anak - anak.

Awit Sinar Alam Darajat mempunyai kelebihan karena berada di lereng pegunungan wisata pemandian air panas dengan segudang pernak-perniknya yang menggoda wisatawan berseluncur, melompat, bahkan bermain air tumpah. dan kolamnya berisi air hangat.

Awit sinar Alam

Ember tumpah adalah suatu Wahana Awit Sinar Alam yang sangat di gemari pengunjung.

Awit Sinar Alam
Selain itu Awit Sinar Alam Darajat menyediakan saung rangon di pinggir kolam renang air panas untuk bersantai bersama keluarga menikmati kawasan pegunungan yang indah di pandang mata , di dalam saung rangon kita bisa memandang ke arah bawah kota Garut .

Awit Sinar Alam Darajat juga memanjakan pengunjung dengan menyediakan Cottage atau penginapan yang ingin beristirahat sambil menikmati Indahnya Kawasan wisata di Awit Sinar Alam darajat garut

Sebenarnya kami ingin berlama – lama di Awit Sinar Alam ini tapi kami memutuskan untuk mengakhirinya di karenakan perjalanan yang cukup jauh untuk kembali ke Kota Cimahi.

Setelah semuanya di rasa kumplit anggota rombongan kamipun pulang sekitar pukul 14:00.
Target kami untuk sampai sebelum magrib terhambat di karenakan ada Bis yang mogok sekitar 10 menit dari Awit Sinar Alam.Dengan jalan yang pas-pasan kami akhirnya dapat lolos dari kemacetan.

Ada yang menarik yang saya perhatikan tatkala perjalanan kami yaitu ada sebuah .SPBU mini yang menyediakan empat atau delapan mesin pompa. SPBU mini tersebut terletak di dekat Pasar dan di depan rumah warga. Soal jenis BBM ( Bahan Bakar Minyak ), SPBU ini ada yang menyediakan solar, premium, dan pertamax.

Lagi – lagi kami di hadang macet di daerah tarogong, daripada hanya menunggu kemacetan yang tak kunjung lancar kamipun mampir di Kedai Bakso Malam Mandep sekalian melaksanakan Shalat magrib karena sudah waktunya Shalat magrib.

Setelah semuanya makan Bakso dan Shalat magrib kamipun melanjutkan perjalanan pulang di sela kemacetan yang ada, Kemacetan terjadi karena mungkin banyaknya pengunjung yang berwisata karena liburan sekolah.

Akhirnya kami sampai juga di Kota Cimahi tercinta pukul 01:00 pagi hari, setelah melewati kemacetan di beberapa titik yaitu di KM 24 Ranca ekek dan Di TOL PANCI( Padalarang – Cileunyi ) Karena ada pelebaran jalan dan banyaknya Volume mobil berplat jakarta