Posyandu Aster A Pondok Cibaligo RW 10 Kel Cipageran

0 komentar


Posyandu merupakan suatu wadah komunikasi alih teknologi dalam pelayanan kesehatan masyarakat dari Keluarga Berencana dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dengan dukungan pelayanan serta pembinaan teknis dari petugas kesehatan dan keluarga.

Sebagai suatu upaya untuk menurunkan angka kematian bayi dan anak balita,angka kelahiran agar terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera di lingkungan kita khususnya di Kp Pondok cibaligo Rt 01, 02 dan 03 RW 10 Kelurahan Cipageran“ ujar Ibu Ika(40) Ketua Posyandu Aster A yang di temui  redaksi di Posyandu Aster A (06/07/), di sela – sela kesibukan melayani ibu – ibu muda yang mendaptarkan anak – balitanya untuk di timbang.
Pondok Cibaligo RT 03 RW 10 Kel cipageran
Di Kp Pondok Cibaligo RW 10 Kelurahan Cipageran Kota Cimahi ada 122 balita yang terbagi di dua wilayah POSYANDU yaitu Posyandu Aster A yang wilayahnya Di Kp Pondok Cibaligo RT. 01, 02 dan RT. 03 ada 92 Balita dan di Posyandu Aster B ada 30 Balita yang wilayahnya yaitu Di Perumahan Griya Asri RT. 04 dan RT. 05.

Pelayanan kesehatan dasar di Posyandu adalah pelayanan kesehatan yang mencakup sekurang-kurangnya 5 (lima) kegiatan, yakni Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Imunisasi , Gizi, dan penanggulangan diare. Sasaran Posyandu adalah seluruh masyarakat utamanya adalah bayi, Anak Balita, Ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui, Pasangan Usia Subur (PUS).

Penimbangan dan PMT(Pemberian Makanan Tambahan) secara rutin di lakukan setiap bulannya pada minggu pertama setiap hari sabtu.

Penimbangan rutin yang di lakukan bertujuan untuk memonitoring balita dengan melihat naik atau tidak berat badan, yang dilakukan sebulan sekali dengan menggunakan Kartu Menuju Sehat (KMS). Penimbangan merupakan salah satu pelaksaan kegiatan Posyandu ASTER A dalam rangka mengoptimalisasi potensi tumbuh kembang anak.

Pemberian Makanan Tambahan ( PMT ) adalah program intervensi bagi balita sebagai asupan gizi tambahan dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak “ Jelas Bu IKA menambahkan lagi pembicaraannya.

Dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia sebagai potensi pembangunan bangsa agar dapat membangun dan menolong dirinya sendiri, merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, maka posyandu cukup strategis dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia sejak dini perlu ditingkatkan pembinaannya.( Red'Deddis)
                                                                       
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved