Terapi Hipertensi Di Posbindu Aster

0 komentar

Ada yang beda dari biasanya kegiatan rutin di Pobindu Aster Kp Pondok Cibaligo RW 10 Kel Cipageran, Mahasiswa dari STIKES Ahmad Yani Kota Cimahi yang sedang PKL ikut serta dalam kegiatan rutin yang di adakan setiap bulannya di minggu pertama di Posbindu Aster yang di ketuai oleh Ibu Budi Lestari.

Posbindu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan masyarakat  itu sendiri, khususnya penduduk usia lanjut. Posbindu kependekan dari Pos Pembinaan Terpadu, program ini berbeda dengan Posyandu, karena Posbindu dikhususkan  untuk pembinaan para orang tua baik yang akan memasuki masa lansia maupun yang sudah memasuki lansia (Depkes, 2007).

Kegiatan kali ini adalah berbagi informasi mengenai hipertensi kepada lansia yang di hadiri sekitar 40 orang lansia.

“Hipertensi adalah suatu gangguan system peredaran darah karena adanya peningkatan tekanan darah yang tidak normal, yaitu diatas 140/90 mmHg, yang biasanya terjadi pada usia setengah baya (lebih dari 40 tahun).” Ujar tuti salah satu mahasiswa yang memberikan ulasan tentang hipertensi kepada para lansia di Posbindu Aster yang antusias mendengarkan penuturannya.(06/07/2013).

Hipertensi dapat di tanggulangi dengan terapi, Terapi hipertensi disini menggunakan terapi herbal, terapi ini menggunakan tanaman yang telah terbukti secara medis memiliki kandungan obat herbal sebagai obat antihipertensi. Dengan pemakaian yang tepat dan benar, kandungan obat herbal dalam tanaman bisa membantu proses pengendalian tekanan darah.

Para ahli naturopati memiliki keyakinan, manfaat obat herbal tidak kalah dengan obat-obat kimia. Bahkan ada keuntungannya, karena terapi herbal tidak memiliki efek samping.

Salah satu tanaman herbal itu adalah Seledri/celery (Apium graveolens)
Tanaman ini mengandung senyawa aktif apigenin. Senyawa ini berfungsi sebagai calcium antagonist dan manitol yang identik dengan diuretik. Selain dalam bentuk suplemen, seledri enak dikonsumsi dalam bentuk jus, dengan cara :  campurkan 3 batang seledri dan air ± 500 lalu haluskan (diblender) setelah itu diminum secara teratur setiap pagi.

Yang kedua adalah Bawang putih /garlic (Allium sativum)
      Tanaman ini dikenal bermanfaat mengatasi seluruh sistem kardivaskuler termasuk te-kanan darah. Di dalam bawang putih juga mengandung senyawa adenosin yang dapat melenturkan pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih lancar. caranya adalah : 
  
  • 3 siung bawang putih dan air ± 1 gelas ditumbuk lalu disaringsetelah itu diminum secara teratur setiap hari selama 7 hari.
  • 2 siung bawang putih dipanggang, lalu dimakan setiap pagi selama 7 hari.
  • ± 4 gram bawang putih dikupas dan dicuci, lalu dimakan mentah sebagai lalab
  
Yang Ke tiga adalah Mentimun [Cucumis sativus Linn).

Universitas Airlangga melakukan penelitian terhadap mentimun, terbukti mentimun dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan air yang mencapai 90% di dalam mentimun, serta kalium yang tinggi akan mengeluarkan garam dari tubuh.

Sebenarnya banyak tanaman herbal yang ada di sekitar kita yang bisa di jadikan bahan terapi hipertensi pak seperti  “ Ujar .... salah satu mahasiswa STIKES Ahmad Yani kepada Bapak Enco salah satu lansia yang telah mengikuti senam lansia sambil melakukan tensi darah lagi kepada pak Enco.

Setelah berbagi pengetahuan mengenai hipertensi di lanjutkan dengan senam hipertensi yang di contokan dan modul melaui projektor di depannya oleh salah satu mahasiswa dari STIKES Ahmad Yani.

Antusias para lansia mengikuti senam hipertensi mengikuti tutor dari mahasiswa STIKES Ahmad Yani yang di depannya.

Senam hipertensi adalah bagian dari usaha untuk mengurangi berat badan dan mengelola stress ( factor yang mempertinggi hipertensi ).

Berharap dengan adanya PKL para mahasiswa STIKES Ahmad Yani ini memberikan dampak yang sangat baik untuk para lansia di Kp Pondok Cibaligo RW 10 Kelurahan Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi.
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved