1.121 Siswa Miskin Belum Dapat Bantuan

0 komentar

Eddy, "Diprioritaskan Tahun Depan"

Sebanyak 3.284 dari total 5.430 siswa SMA/SMK dari keluarga miskin sudah mendapatkan bantuan siswa miskin (BSM) dan 1.025 siswa miskin lainnya mendapat Bantuan Wali Kota (Bawal) pada tahun 2013. Sedangkan sisanya, 1.121 siswa miskin yang belum dapat bantuan akan menjadi prioritas pada tahun tahun depan.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Cimahi, Eddy Djunaedi di kantornya, Rabu (28/8). Dikatakannya, dari dua jenis bantuan itu, baru bantuan wali kota yang sudah dibagikan kepada siswa penerimanya. "Jumlah bantuannya Rp 700 ribu per siswa," katanya.

Sedangkan untuk BSM, menurut Eddy, pengambilan bantuan oleh yang berhak masih menunggu informasi dari Kementerian Pendidikan Nasional. Untuk BSM yang besarannya Rp 780.000/siswa, proses pencairan dilakukan melalui PT Pos Indonesia. "Sebelumnya, informasi dari pusat, rencana pencairannya bulan September ini. Namun ada usulan pada Oktober 2013," ujar Eddy.

Sambil menunggu pencairan, kata Eddy, saat ini Disdikpora sedang melakukan validasi data. Tujuannya, untuk mencocokkan data dari pemerintah pusat dengan Disdikpora Kota Cimahi.

Berdasarkan hasil validasi, Eddy mengakui ada ketidakcocokan data. Data yang tidak sesuai dengan kenyataan itu mencapai 25 persen. "Hal itu karena siswa bersangkutan ada yang sudah keluar dari sekolah dan pindah ke kota lain," katanya.

Pemegang KPS

Dikatakan Eddy, siswa penerima BSM adalah yang orangtuanya sudah memiliki kartu penanggulangan sosial (KPS). Untuk siswa miskin yang orangtuanya belum punya KPS, akan diajukan pada tahun berikutnya. "Karena itu, pada saat mencairkan, siswa harus bawa surat keterangan tidak mampu dan KPS," katanya.

Dijelaskan Eddy, untuk tahun depan, bantuan pemerintah pusat Rp 1 juta dari dana bantuan operasional sekolah (BOS), pemerintah provinsi Rp 200.000, dan APBD Kota Cimahi.

"Sesuai hasil perhitungannya, cost belajar setiap siswa SMA/SMK sekitar RP 2 juta. Jadi, mulai tahun depan, bantuan yang diterima siswa miskin besarnya sesuai dengan cost belajar mereka yaitu Rp 2 juta per orang," ujar Eddy. Sumber:www.klik-galamedia.com

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved