Opini Publik tentang PNS

0 komentar


Jam Kerja Longgar, Hari Tua Terjamin

MENJADI pegawai negeri sipil (PNS) boleh jadi diimpikan banyak warga negara Indonesia. Selain jaminan hari tua menjanjikan dan gaji tinggi, sebagian masyarakat ingin menjadi PNS karena sistem kerja yang tidak berat serta jam kerja yang longgar dibandingkan menjadi pegawai swasta.

Begitulah opini yang sudah terbentuk di masyarakat tentang PNS. Maka ketika tahun ini ada pembukaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), banyak yang berniat mengikutinya. Mereka pun mulai menyiapkan berbagai persyaratan administrasi yang dibutuhkan. Salah satunya kartu kuning tanda penduduk pencari kerja.

Tidak mengherankan jika dalam dua hari ini, tempat pelayanan pembuatan kartu kuning di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kota Cimahi dipenuhi warga. Padahal, Pemerintah Kota tidak membuka lowongan CPNS. Namun sebagai warga Cimahi, mereka yang hendak mendaftar tes CPNS di daerah lain harus mengurus kartu kuning di wilayah tinggalnya.

Berdasarkan pantauan "GM", Rabu (28/8), antrean warga sudah terjadi sejak pukul 08.00 WIB. Bahkan pada saat jam istirahat, puluhan warga terlihat setia di depan loket sambil menunggu petugas selesai istirahat.

Desi Yudi (20), warga Melong Green, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan mengaku ingin menjadi PNS karena jam kerjanya lebih leluasa. Perempuan yang baru lulus S1 ini mengatakan, bekerja sebagai pegawai swasta aturannya lebih ketat dan harus memasang target dalam bekerja.

"Saya ini perempuan, maka pekerjaan yang sepertinya lebih cocok menjadi PNS. Jam kerjanya lebih leluasa dan tidak ada aturan yang ketat seperti pegawai swasta," ungkapnya.

Hal sama juga dilontarkan Astri (23). Pegawai sebuah perusahaan swasta ini tertarik menjadi PNS, terutama melihat jaminan hari tua yang lebih baik dibandingkan karyawan swasta. "Kebetulan baru tahun ini dibuka lagi lowongan CPNS. Saya coba-coba daftar mudah-mudahan diterima," katanya.

Membeludaknya pembuat kartu kuning diakui oleh Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial (Disnakertransos) Kota Cimahi, Alek Kosman. Disebutkannya, bila pada hari biasa, jumlah pembuat kartu kuning rata-rata kurang dari 50 orang. Sedangkan pada dua hari ini pembuatan kartu kuning lebih dari 100 kartu.

"Bila hari biasanya 10 menit sudah selesai, tapi karena jumlahnya membeludak, mohon maaf harus sabar menunggu," katanya.

Saat ini beberapa daerah yang membuka lowongan CPNS, yaitu Kota Badung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Depok, dan Kota Bogor. Sumber : www.klik-galamedia.com
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved