Jamu Gendong Harus Lebih Higienis

0 komentar



Pemerintah Kota Cimahi mendorong para penjual jamu gendong untuk meningkatkan kualitas produksi melalui pengolahan dan penyajian yang higienis. Untuk jaminan kualitas, mereka juga diminta mengurus perizinan produk industri rumah tangga (PIRT) ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi.

Demikian disampaikan Rika Agustina, pemateri dari Dinas Koperasi, Industri, Perdagangan, dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi dalam sosialisasi dan pelatihan cara pembuatan jamu yang baik. Acara digelar di Gedung Technical Education Development Center (TEDC), Jln. Pesantren, Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Rabu (18/9). "Dengan pelatihan ini diharapkan kualitas jamu gendong lebih terjamin," katanya.

Menurutnya, para pelaku usaha jamu gendong harus membuka diri dengan cara mendaftarkan usahanya dan mengurus peizinan. Dengan begitu, mereka bisa memperluas pasar. "Selama ini, penjualan dan kemasan jamu gendong masih tradisional. Menggunakan gelas kecil, lalu dicuci pakai ember kecil dan dipakai lagi," katanya.

Menurut Rika, cara seperti itu tidak higienis. Karena itu, para pedagang jamu gendong harus mencoba menggunakan cangkir plastik sekali pakai.

"Kalau sudah punya izin, selanjutnya penjualannya menggunakan kap (cangkir, red) dan diberi label nama dan nomor izin produksi. Kemasan seperti itu diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, harga yang ditawarkan pun dapat meningkat dari biasanya," jelasnya.

Turun temurun

Sosialisasi diikuti 100 pedagang jamu. Seorang peserta, Ngatmi (53), warga RT 02/RW 03, Kelurahan Cimahi mengaku sudah hampir 40 tahun menjadi penjual jamu.

"Sejak gadis, saya sudah berjualan karena ikut orangtua. Resep jamu gendong ini didapat secara turun temurun. Sekarang anak saya juga ada yang jadi penjual jamu," ujar perempuan asal Solo ini. Sumber:Klik-Galamedia.com
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved