Membangun Loyalitas Pelanggan

0 komentar



Loyalitas
Berbagi solusi permasalahan bisnis
IEC ( Ikatan EntrepreneurCimahi )
Yang dimaksud dengan loyalitas adalah terciptanya kepercayaan dan komitmen pelanggan terhadap suatu produk, karena mereka mendapatkan kepuasan dari produk tersebut. Keadaan seperti itu tentu sangat menguntungkan bagi pebisnis, sebab konsumen yang sudah loyal akan membeli secara rutin. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menjadi agen pemasaran terbaik bagi bisnis Anda.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk membangun loyalitas konsumen?

1. Berikan nilai lebih pada produk Anda.
Buatlah konsumen untuk selalu membutuhkan produk Anda. Tawarkan solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Dengan begitu Anda akan selalu dicari konsumen. Ingat, bahwa penggunaan produk atau jasa secara rutin, akan mengarahkan konsumen semakin loyal dengan bisnis Anda.

2. Selalu berikan yang terbaik bagi para konsumen.
Loyalitas konsumen terbangun dari adanya kepuasan pelanggan. Upayakan untuk selalu mengontrol kualitas produk. Jangan lupa perhatikan harga produk yang Anda tawarkan, sebab harga yang bersahabat menjadi hal paling penting bagi konsumen.

3. Buat kegiatan rutin atau forum khusus untuk para pelanggan Anda.
Langkah awalnya adalah mendata seluruh pelanggan Anda. Ajak pelanggan untuk menjadi member tetap, dengan menawarkan keuntungan yang menarik. Misalnya dengan program diskon khusus member di setiap akhir bulan, atau membuat forum khusus bagi para member untuk bertukar informasi seputar produk-produk Anda. Dengan begitu konsumen merasa memiliki keterikatan dengan pelaku bisnis.

4. Ciptakan citra yang baik.
Citra atau image menjadi magnet tersendiri bagi konsumen. Semakin baik citra sebuah produk, maka semakin loyal pula konsumen pada merek tersebut. Lihat saja produk-produk dengan merek ternama, mereka berhasil menguasai pasar karena mereka memiliki konsumen yang loyal.

Beberapa keuntungan yang diperoleh dari loyalitas konsumen, antara lain :

  • Penjualan produk yang semakin meningkat setiap harinya

  • Menciptakan peluang produk tersebut dapat menyebar dari mulut ke mulut

  • Pembelian produk dalam jangka panjang dan berkelanjutan

  • Mengurangi biaya pemasaran, sebab konsumen yang sudah loyal akan sangat membantu pemasaran bisnis Anda

Terciptanya loyalitas konsumen adalah langkah awal menuju kesuksesan. Karena itu, jangan pernah berhenti memberikan pelayanan terbaik bagi pada konsumen Anda. Berikan kepuasan pada mereka, agar konsumen tidak beralih pada produk atau jasa lainnya.Sumber IEC (Ikatan Entrepreneur Cimahi)

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved