RBM Diyakini Jadi Solusi Penanganan ABK

0 komentar




RBM ( Rehabilitasi Berbasis Masyarakat )
Pemerintah Kota Cimahi berkomitmen untuk mengoptimalkan penanganan anak berkebutuhan khusus (ABK) Anak berkebutuhan Khusus. Untuk itu, Pemkot Cimahi akan segera meluncurkan program rehabilitasi berbasis masyarakat (RBM) yang bejerja sama dengan lembaga - lembaga swadaya masyarakat diantaranya save the children .

Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial (Disnakertransos) Kota Cimahi, Agustus Fajar mengataka, melalui program ini masyarakat dan pemerintah bersama-sama diharapkan menanggulangi persoalan yang dihadapi anak berkebutuhan khusus.

"Sekarang, tidak sedikit kita temui keluarga yang tidak terbuka ketika memiliki anak berkebutuhan khusus," kata Agus di Disnakertransos Kota Cimahi, Senin (16/9).

Ia menilai, program RBM lebih cocok dan berdaya guna jika diterapkan di Kota Cimahi. Sejauh ini fasilitas dan akses pelayanan untuk penyandang disabilitas masih terbatas. "Hal itu terlihat dari keberadaan sekolah inklusi yang sediannya dapat menjadi tempat para anak berkebutuhan khusus, nyatanya belum menjadi pilihan utama para orangtua. Selain itu, para pengajarnya pun masih minim," terangnya.

Agus berharap, RBM bisa menjadi solusi penanganan anak berkebutuhan khusus. Saat ini, jumlah anak berkebutuhan khusus di Kota Cimahi lebih dari 500 orang. "Jumlah ini berpotensi bertambah. Sebab belum semua anak terdata karena berbagai hal," tambahnya.

Maksimalkan peran

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Bambang, Arie Nugroho meminta seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) memaksimalkan perannya dalam penanganan disabilitas. "Pemkot tentu akan mendukung penuh upaya dinas yang akan membentuk RBM sehingga anak berkebutuhan khusus mendapatkan haknya," tuturnya.

Untuk suksesnya program ini, Bambang meminta agar sosialisasi kepada kalangan orangtua ditingkatkan. Mereka juga diharapkan menyampaikan laporan jika memiliki anak berkebutuhan khusus.

"Sejauh ini, tak sedikit masyarakat yang masih merasa malu untuk mengakui putra-putrinya mengalami keterbatasan. Bahkan banyak anak dibiarkan tanpa mendapatkan kesempatan belajar," tandasnya.


" Modah - modahan RBM menjadi solusi untuk anak - anak ABK supaya dapay mandiri, dan bukan hanya program dan rencana saja , Pelatihan - pelatihan kepada orang tua yang mempunyai anak abk secepatnya di laksanakan " ujar deddi ( 40) salah satu orang tua yang mempunyai anak ABK yaitu autis senin(16/9)

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved