UMK Kota Cimahi Rp 2,7 dari Rp 1.38 Juta telah di setujui DPRD kota Cimahi

0 komentar



Buruh se-Kota Cimahi kompak melakukan demo di depan Kantor DPRD Cimahi dengan tuntutan yang tegas, Rabu (23/10). Dalam orasinya berkali-kali terdengar dan spanduknya pun bertuliskan Aliansi SP/SB Kota Cimahi menuntut UMK Rp 2,7 Juta Atau Mogok Daerah.
Selain menuntut kenaikan UMK, mereka pun menuntut pemerintah mencabut Inpres Nomor 9/2013 tentang Pelaksanaan Upah Minimum, perubahan parameter KHL (kebutuhan hidup layak) Permenaker Nomor 13/2012 harus disesuaikan dengan kondisi objektif buruh yang sudah berkeluarga, dan Pemkot Cimahi harus menetapkan klasifikasi kelompok usaha di Kota Cimahi.

Akhirnya  DPRD Kota Cimahi menyetujui semua tuntut buruh termasuk soal Upah Minimum Kota (UMK) dengan besaran Rp 2,7 juta pada penetapan UMK 2013 dan akan melanjutkan aspirasinya kepada Pemkot Cimahi. Hal itu disampaikan langsung Ketua DPRD Kota Cimahi Ajang Rahman saat bertemu dengan semua perwakilan buruh di Ruang Komisi IV DPRD Kota Cimahi, Rabu (23/10).

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Wakil Ketua Komisi IV Bambang Suprihatin, aparat kepolisian itu, DPRD Kota Cimahi bahkan langsung membuat surat yang akan ditujukan kepada Wali Kota Cimahi. Adapun surat itu terdiri dari dua jenis, pertama surat keputusan DPRD Kota Cimahi yang menyetujui UMK Cimahi sebesar Rp 2,7 juta dan Pemkot harus menetapkan klasifikasi kelompok usaha di Kota Cimahi, surat kedua berisi rekomendasi agar Pemkot Cimahi mengajukan pencabutan terhadap Inpres Nomor 9/2013 dan merevisi Permenaker Nomor 13/2012 tentang parameter KHL (kebutuhan hidup layak).

Tak hanya itu, Wakil Ketua Komisi IV Bambang Suprihatin langsung menyampaikan hasil pertemuan dengan perwakilan buruh itu di hadapan ratusan buruh. Semua buruh yang tergabung dalam Aliansi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SPSI, SBSI, FSPMI, SPN, dan KASBI) langsung menyambut gembira dan secara berangsur membubarkan diri.  (dikutip ulang dari tribun-jabar)
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved