Pemkot Cimahi Raih Swasti Saba Wistara

0 komentar

Pemkot Cimahi meraih penghargaan tertinggi Kota Sehat yaitu Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Kesehatan, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A., M.P.H. kepada Wali Kota Hj. Atty Suharti di dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-49 tahun 2013 di Hotel Maelyn Park Jakarta, Kamis (14/11) malam.

Menteri Kesehatan menjelaskan, penghargaan Swasti Saba diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan. Ada sembilan indikator sebuah kota layak mendapatkan kategori sebagai Kota Sehat.


Tema HKN ke-49 tahun 2013 yaitu Indonesia Cinta Sehat, Masyarakat Sehat Jaminan Kesehatan Nasional Bermutu. Diharapkan semua pihak baik pemerintah, swasta, dunia usaha, ormas, profesi dan tokoh masyarakat dapat berkontribusi sebesar-besarnya bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. "Terutama, memberi dukungan dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang akan dimulai 1 Januari 2014. Sebagai perwujudan Sistem Jaminan Sosial Nasional," katanya.

Terkait dengan penganugerahan tersebut, Walikota Cimahi Atty Suharti menyatakan, “Kota Cimahi mendapat penghargaan tertinggi (Wistara). Penghargaan ini yang ketiga kalinya, karena sebelumnya dapat dua kali penghargaan Kota Sehat," Ujarnya

Penghargaan itu adalah imbas dari pelaksanaan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terus mengalami peningkatan. "Derajat kesehatan meningkat terus. tiap tahun kita mendapatkan penghargaan salah satunya di bidang kesehatan. Tahun 2009 kita mendapatkan Swastisaba Padapa untuk dua kategori, di 2011 kita dapatkan Swastisaba Wiwerda karena empat kategori yang kita ajukan dianggap terpenuhi. Dan, akhirnya peringkat teratas Swasti Saba Wistara pun diraih Cimahi dengan memenuhi minimal 5 tatanan kesehatan,"
Ujarnya lagi menambahkan..

Sementara
Kadinkes dr. Pratiwi di lingkungan Pemkot ,Jln. Rd. Demang Hardjakusumah Cimahi yang mendampingi Walikota cimahi menambahkan, tahun 2009 Cimahi berhasil mendapat penghargaan Swasti Saba Padapa (dua tatanan), yang merupakan penghargaan Kota Sehat dengan tahap pemantapan. Dikatakan, tahun 2011 Kota Cimahi menambah tatanan Kehidupan Sosial Sehat, sehingga menjadi empat tatanan dan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wiwerda (Kota Sehat dengan 3-4 tatanan). Karena itu, tahun 2013 Cimahi mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara (5 tatanan ke atas).

Ditambahkan, Dinkes Kota Cimahi melaksanakan kebijakan Kota Sehat sejak 2005 dengan dibentuknya Forum Kota Sehat periode I (2005-2008). Tahun 2007, Cimahi melaksanakan 2 dari 9 tatanan Kota Sehat, yaitu Kawasan Permukiman Sarana Prasarana Sehat dan Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri.

Selain Cimahi, daerah lain di Jawa Barat peraih Kota Sehat Swasti Saba Wistara yaitu Cirebon dan Sukabumi. Kategori Swasti Saba Wiwerda diperoleh Kab. Kuningan, dan Kota. Banjar. Untuk kategori Swasti Saba Padapa diraih Kab. Bandung Barat (KBB), Kab. Subang, Kab. Sumedang, Kab. Indramayu, Kab. Cianjur, Kota Bandung, Kota Bogor, Kota Cirebon, Kota Depok, dan Kota Tasikmalaya secara nasional, total yang mendapat penghargaan tahun ini dengan tingkatan penghargaanya masing-masing ada 95 kota dan kabupaten.
Sumber Photo: Tribun Jabar
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved