Sehat Itu Berawal Dari 6 Kebiasaan Sederhana

0 komentar


Pola hidup sehat adalah gaya hidup yang memperhatikan segala aspek kondisi kesehatan. Mulai dari aspek makanan, minuman, nutrisi yang di konsumsi dan perilaku kita sehari-hari. Baik itu dalam sebuah rutinitas olahraga yang tentu akan  menjaga kondisi kesehatan dan juga akan menghindarkan dari segala hal yang bisa jadi penyebab penyakit bagi tubuh kita.

Kesehatan adalah dambaan semua orang, Untuk hidup sehat tentunya kita akan menjalankan sebuah aktifitas rutin dengan memperhatikan gaya hidup sehat. Kekayaan lahir dan batin tidak akan ada artinya bila kita masih terjebak dalam kondisi atau situasi sakit baik itu karena virus penyakit atau pun karena tingkah laku kita yang tidak memperhatikan kondisi tubuh.

Untuk bisa sehat tidak harus mahal ada beberapa Tips sederhana yang bisa dilakukan bermula dari kebiasaan-kebiasaan kecil sederhana dibawah ini :

1.Jalan Kaki 15 Menit Setiap Hari
 
Jalan kaki 15 menit setiap hari dapat membantu melancarkan aliran darah, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung hingga menurunkan berat badan. Jalan kaki adalah olahraga paling mudah dan murah yang bisa dilakukan siapa saja.


2.Rajin-Rajinlah Cuci Tangan
 
Langkah pertama untuk pencegahan penyakit adalah dengan menjaga kebersihan diri dengan baik. Cucilah tangan secara berkala selama 20 detik untuk menyingkirkan kuman, lakukan hal ini sebelum dan setelah makan, dan juga setelah keluar toilet, menyentuh perabot rumah, bahan kimia, lumpur, dan lain sebagainya.

Para ahli kesehatan menyarankan agar kita mencuci tangan dengan air hangat yang mengalir dan menggunakan sabun anti-bakteri. Pastikan membersihkan tangan dengan benar, sela-sela jari dan kuku dengan baik, karena biasanya kotoran yang mengandung kuman sering tersangkut di area ini.

3.Higienis Saat Menggunakan Toilet Umum

Ketika berada di toilet umum, hindari penggunaan handuk toilet yang tersedia untuk mengeringkan tangan, lebih baik gunakan tisu dan mesin pengering yang disediakan. Dalam kondisi seperti ini, sebaikny membawa sendiri handuk ataupun tisu basah untuk membersihkan tangan secara steril agar tidak terkontaminasi kuman dan bakteri.

4.Kenakan Masker Saat Berkendara

Jika pengendara motor, biasakan untuk mengenakan masker agar terlindungi dari polusi di jalan raya. Polusi di jalan raya baik dari kendaraan bermotor atau pun dari industri tertentu membuat tubuh rentan terpapar radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Tidak hanya pengendara motor, pengendara mobil juga dianjurkan untuk mengenakan masker di jalan raya.

5.Higienis Saat Memasak

Menyiapkan makanan secara higienis, cuci tangan sebelum dan setelah makan. Saat memasak makanan laut, daging dan unggas mentah, sangat penting untuk membersihkannya sebelum dimasak. Jangan gunakan piring yang sama untuk menyimpan makanan yang sudah dimasak dengan yang mentah. Atur temperatur suhu mesin pendingin dengan tepat untuk menyimpan makanan di dalamnya.

6.Sediakan Obat-obatan di Rumah

Sediakan obat-obatan di rumah untuk penanganan pertama jika salah seorang anggota keluarga sakit. Usahakan tempat penyimpanan obat jauh dari jangkauan anak-anak dan bersih dari kotoran. Jika pemberian obat-obatan di rumah tidak memberikan hasil, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut

*Sumber : Info Kesehatan & Ikatan Entrepreneur Cimahi ( IEC )

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved