5 FAKTOR X YG MEMBUAT KITA MAKAN BERLEBIHAN

0 komentar

1. Lingkaran Pertemanan
Teman sangat memengaruhi pola diet yang sedang dijalani. Ketika sedang berusaha diet sehat, seringkali ajakan teman untuk makan siang di restoran atau hang out di cafe membuat kita tergoda untuk makan makanan lezat yang berlemak dan berkalori tinggi. Mulai dari fish and chips, macaroni and cheese, pizza atau spaghetti carbonara. Belum lagi minuman yang dipesan juga mengandung lemak dan gula tinggi.


Saat mendapat ajakan teman untuk makan di luar, kita tidak perlu menolak tapi usahakan memesan menu sehat yang rendah kalori. Yakinkan diri sendiri agar tidak terpengaruh godaan mereka untuk memesan makanan yang tidak sehat. Malah, mungkin bisa menularkan kebiasaan makan sehat dengan memesan salad, air mineral atau makanan yang direbus/dikukus.

2. Perangkat Makan
Alat-alat makan yang kita gunakan bisa jadi salah satu penyebab kenapa Anda makan berlebihan. Ukuran piring, mangkok dan sendok sangat memengaruhi porsi makan kita. Perangkat makan berukuran besar cenderung membuat kita menuang lebih banyak makanan. Sebaiknya gunakan alat makan berukuran sedang atau kecil. Lihat bagaimana perubahan kecil ini berdampak besar bagi bentuk dan berat badan kita.

3. Lelah
Manusia seringkali salah membedakan gejala lapar dan kelelahan. Seringkali orang merasa lapar dan makan tidak sesuai kebutuhan kalori, padahal yang mereka perlukan mungkin hanya istirahat yang cukup. Pastikan  cukup tidur malam minimal tujuh jam sehari. Ingat juga di waktu kapan  merasa paling lelah. Sekali kita mengetahui pola dan siklus harian tubuh, kita bisa melawan godaan makan berlebihan dengan makanan yang lebih sehat.

4. Makan Terlalu Cepat
Jika kita bisa menghabiskan makan besar kurang dari 20 menit,  berisiko tinggi punya kebiasaan makan terlalu banyak. Otak perlu waktu minimal 20 menit untuk mengirimkan sinyal kenyang ke perut, sehingga akan berhenti makan. Jika kurang dari itu, kita akan merasa masih lapar dan terus makan. Akhirnya, jumlah makanan yang masuk lebih banyak dari seharusnya.

Kunyahlah makanan  secara perlahan, nikmati rasa dan teksturnya di dalam mulut. Resapi setiap gigitan atau suapan kita dan lihat perbedaannya. kita akan lebih cepat kenyang dan mengasup lebih sedikit makanan.

5. Bosan
Saat bosan, kita cenderung melakukan hal-hal kurang penting, seperti menonton TV sambil ngemil keripik kentang. Bahkan ketika di tempat kerja, kebosanan bisa saja terjadi dan memicu kita untuk ngemil junk food.

Para ahli diet dan kesehatan mengatakan, ada jutaan orang di dunia yang kelebihan makan baik karena mereka bosan atau tidak ada sesuatu yang menarik yang bisa dilakukan. Saat bosan alihkan perhatian  dengan hal-hal yang disukai untuk mencegah  terus menerus ngemil.


*Sumber : IEC ( Ikatan Entreprneur Cimahi)
*POCI  (Pusat Oleh - Oleh Cimahi ) Cimahi Mall LG Blok E1-5
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved