Bermain Bagi Anak

0 komentar

Dunia anak adalah dunia bermain. Anak-anak akan lebih mudah menangkap pesan atau Ilmu pengetahuan jika di berikan lewat cara bermain.
Fungsi permainan pada anak untuk :

  • Meningkatkan kemampuan berpikir dan membuat anak belajar berkosentrasi
  • Melatih koordinasi tangan dan mata
  • Meningkatkan Keterampilan Kognitif
  • Belajar Bersosialisasi
  • Melatih nalar,kesabaran dan daya ingat
  • Melatih gerakan otot dan motorik halus

Beberapa jenis permainan yang bermanfaat bagi anak dan bersifat edukatif adalah puzzle,melipat,mewarnai,menggambar,balok susun, atau pun playdooh. Permainan tersebut selain membutuhkan kesabaran dan ketekunan anak dalam menjalaninya juga membentuk pola pikir dan keseimbangan gerak yang di butuhkan anak dalam tumbuh kembangnya.

Permainan puzzle misalnya,membuat anak akan terbiasa untuk bersikap tenang,tekun, dan sabar dalam menyelesaikan tantangan. Kepuasan yang didapat saat ia meyelesaikan puzzle pun merupakan pembangkit motifasi untuk mencoba hal-hal yang baru baginya.

Untuk Anak Dengan Disabilitas, menggambar dan mewarnai bisa menjadi alat untuk terapi. Menggambar berfungsi untuk “ menghaluskan rasa “. Menggambar dan mewarnai berguna untuk melatih anak menjadi sabar. Selain itu menggambar dan mewarnai juga bermanfaat untuk melatih motorik halus anak serta melatih ingatan anak, khususnya ingatan akan warna dan bentuk.

Contoh lain adalah origami. Origami dapat dijadikan alat sebagai alat untuk mengaktifkan otak serta membantu melatih konsentrasi anak. Kegiata ini dianjurkan bagi anak-anak yang mengalami masalah dengan kosentrasi. Latihan secara rutin diyakini akan meningkatkan kosentrasi anak serta meningkatkan kemampuan otak anak.

Ciptakan dunia bermainbagi anak, di rumah,sekolah maupun di lingkungan sekitar.

Sumber insfirasi : Save The Children, IKEA, RBM Kota Cimahi, Dinsos Kota Cimahi, Pemerintahan Kota Cimahi.
Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved