Ide bisnis yang bisa di lakukan bagi ibu rumah tangga

0 komentar


POCI (Pusat Oleh - oleh Cimahi )
Ide bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga ~ Jaman sekarang wanita dan pria sudah sama hak dan tanggungjawabnya dalam banyak hal, termasuk dalam urusan ekonomi keluarga. Kalau kita perhatikan, saat ini banyak sekali wanita yang berhasil di dunia kerja, bahkan beberapa diantara mereka memiliki karir yang lebih cemerlang dibanding pria.

Ketika mereka menikah, banyak wanita yang memiliki karier yang bagus di dunia kerja terpaksa harus meninggalkan pekerjaannya karena harus mengurus keluarga, namun ada juga yang tetap bekerja di kantoran.

Berkarier di dunia kerja sekaligus mengurus keluarga pasti sangat sulit untuk dilakukan, apalagi bila sudah punya anak. Beberapa wanita mungkin akan memilih menjadi ibu rumah tangga dan meninggalkan pekerjaannya, namun beberapa wanita lain lebih memilih untuk tetap bekerja dan menghasilkan uang.

Bagi wanita yang sudah terbiasa bekerja pasti akan merasa stress bila hanya di rumah saja mengurus keluarga dan anak. Mereka ingin melakukan sesuatu yang bisa mengisi waktu luangnya di rumah dan juga menghasilkan uang.

Bagi ibu rumah tangga yang terbiasa bekerja dan ingin membantu kondisi ekonomi keluarga, bisnis rumahan adalah pilihan yang terbaik. Bisnis rumahan bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan tugas sebagai ibu rumah tangga dan tetap berada di rumah, namun tentunya akan semakin repot karena harus mengerjakan banyak hal.

Inilah beberapa ide bisnis yang bisa di lakukan bagi ibu rumah tangga :
1.      Menjahit Pakaian
Menjahit pakaian membutuhkan skill tersendiri. Untuk yang gemar menjahit, tentu dengan mudah melakukan bisnis ini. Namun bagi yang tidak bisa menjahitpun tetap bisa membuka bisnis ini. Rekrutlah karyawan yang pintar menjahit, dan bayar sesuai order yang datang. Kita harus kreatif dalam pemasaran, buatlah strategi marketing yang cukup efektif, sebarkan brosur ke setiap perumahan, toko kelontong, iklan baris koran, dan tempat strategis lainnya, dan andapun juga bisa sediakan servis jemput bola, yaitu bagi siapa saja yang ingin membuat pakaian, anda bisa datang kesana dan mengukur ditempat konsumen diskusi disana dan deal disana juga.
2.      Usaha Laundry
Bisnis laundry adalah bisnis yang sekarang sedang menjamur dimana, ada yang bertahan dan bisa sampai besar, ada juga yang tidak bertahan lama ( bangkrut )
Faktor keberhasilan dan kesalahan dalam smua bisnis tidak bisa disalahkan dari peluang apa yang di ambil. tapi kebanyakan kebangkrutan suatu usaha dikarenakan oleh manajemen yang tidak baik di dalamnya.
3.      Mengelola Kursus Jahit
Masyarakat sekarang sudah semakin kritis dalam berwra usaha salah satu Peluang Usaha itu adalah Mengelola Kuursus Jahit. Dengan mengadakan pelatihan dan kursus tersebut tujuan utamanya adalah supaya dapat bekerja dan punya penghasilan, baik dengan cara wirausaha mencipta pekerjaan sendiri maupun dengan bekerja kepada pihak lain.
4.      Bisnis Katering
Bisnis katering merupakan salah satu bisnis rumahan yang paling menguntungkan dengan potensi ekspansi dan pertumbuhan yang tinggi. Ini sangat baik secara finansial dan menyenangkan. Setiap melayani event apakah itu pesta ulang tahun, makan malam, atau resepsi penikahan memberikan pengalaman baru dan tantangan dengan sekelompok orang yang baru.
Bisnis katering membutuhkan stamina ekstra, kemampuan bekerja di bawah tekanan, dan keterampilan interpersonal yang sangat baik. Keberhasilan Anda dalam bisnis ini akan sangat tergantung pada reputasi Anda.
Guna membangun reputasi yang baik dalam bisnis, Anda harus bersedia bekerja keras dan kemampuan bekerja di bawah tekanan. Berikut kami sampaikan sejumlah tips dan strategi untuk memulai bisnis katering rumahan.
5.      Usaha Mengelola Butik
Banyak wanita yang rela mengeluarkan banyak uang untuk urusan fashion. Oleh sebab itu,bisnis butik merupakan sebuah bisnis bagi wanita untuk wanita yang sangat menjanjikan. Mengapa bisa dikatakan demikian, karena kebanyakan yang mengelola bisnis butik adalah para wanita dan konsumennya sebagian besar juga para wanita.
Dari berbisnis butik, ternyata juga bisa menyalurkan hoby bagi para kaum hawa yang mayoritas mereka sangat menyukai belanja, jalan-jalan, hang out bersama teman-teman, memadu padankan pakaian beserta aksesorisnya dan berdandan. Di samping hoby bisa tersalurkan, Anda juga bisa mendapat penghasilan yang lumayan.

6.      Bisnis Produsen Kue/minuman
Tujuan pasar yang dapat anda bidik yaitu beberapa pebisnis kuliner yang menghasilkan bermacam kue kering ataupun kue basah. Disamping itu, anda juga dapat melayani customer umum yang meliputi ibu rumah tangga ataupun remaja putri yang mempunyai hobi memasak. Setelah itu, anda juga dapat menjalin hubungan kerja dengan instansi kursus atau pelatihan memasak untuk menyuplai seluruh peralatan ataupun bahan baku yang mereka perlukan tiap-tiap harinya di Peluang Bisnis Membuka toko Bahan-Bahan Dasar Kue.
7.      Berjualan Busana Muslimah/jilbab secara online dan offline
Baju muslim modern telah tren di masyarakat indonesia saat ini, sampai kebutuhannya juga semakin meningkat. Banyak tipe baju muslim telah dirancang, dibikin dan telah dijual di pasaran. Indonesia yang juga bisa dikatakan acuan mode baju dunia, juga telah salah satu acuan untuk mode baju muslim modern.
Diantara negara yang terpadat penduduknya di dunia juga penduduknya yang mayoritas beragama Islam, mode baju muslim modern bisa sangat besar pasarnya. Ditambah dengan kesadaran penduduknya yang beragama Islam ini akan agamanya tentang memakai baju, pangsa pasar baju muslim bisa terus meningkat dari setiap tahunnya ditambah dengan penduduk yang di usia produktif ini banyak yang menggunakan baju muslim di dalam aktivitas kesehariannya.
Di dalam masa globalisasi ini, keunikan dan kedinamisan mode terutama untuk usia umur produktif ini, satu hal yang dibutuhkan oleh sebagian pelaku pasar baik itu perancang maupun penjual baju muslim. Dengan kata lain perlu sentuhan modern waktu jual product baju muslim ini.
Dengan tidak meninggalkan apa yang telah disyariatkan di dalam agamanya, seorang muslim bisa menutup aurat dengan gunakan baju yang dianjurkan oleh agama dan dengan tampilan yang menarik, tidak ketinggalan mode.
Dengan kata lain bisa dinamakan tren yang berkembang dikalangan masyarakat dengan usia muda ini dengan baju muslim modern. Modern artinya bisa mengikuti mode yang berkembang di dunia tetapi terus berpenampilan menarik dan Islami tentunya.
8.      Broker Online
Broker  adalah pihak yang bisa berupa perusahaan, institusi, agen, ataupun individu dimana dia berdiri untuk mempertemukan antara pihak penjual dan pembeli.
Untuk jenis usaha broker online ini memang diperlukan kreatifitas serta juga waktu anda untuk online dalam sehari sisihkan waktu 2-4 jam untuk promosi dan juga mencari produk yang akan anda jual.
9.      Menjual Kosmetik dan Sabun herbal 
Bisnis ini tidak ada matinya. Umumnya perempuan suka menjaga dan merawat kecantikan dan kesehatannya. Ini adalah pangsa pasar yang sangat-sangat luar biasa. Selain itu, jika produk yang dijual bagus dan berkualitas, maka re-peat order akan terus terjadi, sehingga bisnis makin berkembang dan maju. Contoh untuk bisnis ini adalah SABUN HERBAL ANEILA yang omsetnya luar biasa.

10. Memberikan Les privat bimbel/mengaji/kursus musik

11. Membuka toko kelontong atau grosiran sembako

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved