Kontes Akbar Seni Ketangkasan Domba Garut di Pamidangan Cikawati

0 komentar


Hari Sabtu - Minggu ,tangggal 15-16 maret Seni Adu ketangkasan domba garut di Pamidangan Cikawati resmi di gelar yang di buka oleh kepala desa Pakuhaji Apen Ruspendi  . Menurut salah satu panitia penyelenggara dari Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI), Pamidangan cikawati merupakan salah satu tempat pertunjukan seni adu domba di Wilayah Bandung Barat .


Perlu di ketahui bahwa adu ketangkasan domba garut di Pamidangan Cikawati  yang di adakan kali ini adalah merupakan Event yang sangat bersejarah karena berbarengan dengan pelantikan kepengurusan HPDKI Wilayah Bandung Barat. Seni Ketangkasan domba Garut Percontohan ungkap Panitia Kontes . Selain ajang Kontes Adu ketangkasan domba garut Seni Ketangkasan domba garut yang di laksanakan di pamidangan cikawati ini sebagai sarana silaturahmi para peternak sekaligus sebagai sarana untuk menyaluran naluri berkelahi domba jantan, sebab domba jenis ini bisa merusak kandang jika tidak diadukan dengan sesama jantan.

Pada pukul 07.00 pagi, para peserta mulai mendatangi kawasan arena dengan menggunakan kendaraan bak terbuka yang diisi oleh beberapa domba garut yang siap tanding. Satu demi satu domba diturunkan dari kendaraan menuju ke kawasan arena kemudian diikat dengan tali yang kuat  di tempat - tempat t yang telah di sediakan panitia.



Setelah diikat dan yakin dengan kondisi dombanya, para pemilik domba mulai mendaftarkan diri ke panitia dengan membayar ongkos Rp. 100.000/ekor domba. Sebelumnya para pemilik domba telah memilih lawan tanding untuk domba-dombanya dengan istilah “tanding di luar”.

Jam 08.30 pagi acara adu ketangkasan dimulai, pasangan domba yang akan diadu mulai dipanggil ke dalam arena. Adu ketangkasan domba ini dipimpin oleh seorang wasit  dan 3 juri yang melihat dan meneliti dan menilai atau score dari domba-domba yang di pertandingkan dan sebagai penentu dan pemantauan IP lah yang sangat berperan penting dalam pertandingan itu.

Dilihat dari jumlah penonton, adu ketangkasan domba garut ini masih disukai masyarakat terutama masyarakat lokal. Meskipun jumlah penonton selalu penuh pada setiap pertandingan tapi Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Bandung Barat  sebagai penyelenggara tidak akan mengkomersilkan acara tersebut, adu ketangkasan domba garut ini akan tetap menjadi tontonan gratis bagi masyarakat. Penonton senang, peternak domba senang, populasi domba garut terjaga dan tradisi jawa barat inipun bisa bertahan.

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved