UN di SMAN 3 Kota Cimahi di pasang CCTV

0 komentar

Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di SMAN 3 Kota Cimahi, Jln. Pasantren diikuti semua siswa. Di setiap kelas yang digunakan untuk ujian dipasang kamera pengawas (closed circuit television/CCTV) untuk memantau para peserta UN.

Dikutip dari harian GM bahwa Kepala Sekolah SMAN 3 Cimahi, Rohiman Sutisa mengatakan, hari pertama pelaksanaan UN berjalan sangat lancar, mulai dari pengambilan soal ujian hingga pengawasan. Ia menyebut hal itu berkat kerja sama pihak sekolah dengan unsur terkait yang membantu suksesnya pelaksanaan UN.

“Untuk tahun ini, yang mengikut UN ada 338 peserta, yaitu 206 siswa IPA dan 182 siswa IPS. Pelaksanaannya sangat lancar, mulai dari pengambilan soal, kehadiran pengawas hingga peserta ujian pun hadir semua. Ini berkat kerja sama dengan semua unsur yang terkait,” terang Rohiman kepada wartawan GM , Senin (14/4).

Rohiman mengungkapkan, siswa tidak diperbolehkan membawa telepon genggam ke dalam kelas untuk menghindari aksi mencontek.

Untuk meningkatkan mutu kelulusan, pihaknya pun telah memasang CCTV di 21 kelas yang digunakan untuk ujian. Selain itu untuk perlengkapan ujian seperti alat tulis, pihaknya menyediakannya secara gratis.

“Untuk meningkatkan mutu belajar dan mencetak pelajar yang baik, sejak awal kita memasang CCTV di setiap kelas. Kemudian perlengkapan untuk ujian pun, kita sediakan secara gratis. Karena berawal dari pensil, bisa saja terjadi aksi mencontek,” tuturnya.

Disabilitas

Sementara itu, sebanyak sembilan siswa kelas 12 penyandang disabilitas turut melaksanakan UN di SLB A Negeri Cimahi, Jalan Sukarasa No. 40. Mereka terdiri atas tiga siswa penyandang tunanetra dan enam lainnya tunarungu.

“Jumlah siswa yang ikut UN di sekolah kami memang terlihat sedikit, tapi sebetulnya terbilang paling banyak dibanding SLB lain yang ada di Cimahi,” kata Kepala SLB A Negeri Cimahi, Sudarman, S.Pd. M.Pd. didampingi Budiwati selaku Ketua Panitia UN.

Menurutnya, di Cimahi terdapat 8 SLB negeri yang tersebar di tiga kecamatan. Namun pihaknya tidak mengetahui pasti tentang jumlah siswa yang ikut UN di SLB tingkat satuan SMA lainnya.

Sudarman menambahkan, UN untuk para siswa tersebut menggunakan dua macam kertas yaitu lembar soal dan jawaban. Untuk siswa tunanetra menggunakan kertas soal Braille, sedangkan bagi yang tunarungu menggunakan kertas soal seperti di sekolah umum.

Share this article :
Comments
0 Comments

Posting Komentar

 
Support : Modfy Website | Adi Hermansyah | Abah Aong
Copyright © 2013. Seputar Cimahi - All Rights Reserved